EVALUASI PENGELOLAAN SAMPAH DI TERMINAL PURABAYA KOTA SURABAYA TAHUN 2017

Khairil Anam, Sri Mardoyo, Fitri Rokhmalia

Abstract


Terminal Purabaya adalah tempat-tempat umum yang terdiri dari kegiatan pelayanan penumpang atau barang dengan kendaraan bus atau angkutan umum, Terminal Purabaya terbesar di Jawa Timur, jumlah sampah yang dihasilkan setiap harinya rata-rata 14m3 dengan rata-rata jumlah penumpang kedatangan 29.000 dan keberangkatan 28.300 orang setiap harinya, maka perlu mendapatkan pengawasan pengelolaan yang baik untuk mengantisipasi timbulnya dampak negatif terhadap lingkungan, dari hasil survei pendahuluan yang dilakukan di Terminal Purabaya dari aktifitas pengunjung, penumpang maupun pengelola dapat mempengaruhi jumlah sampah di Terminal Purabaya, penelitian ini bertujuan untuk mengukur jumlah sampah, melakukan observasi mengenai pengelolaan sampah, dan mengevaluasi pengelolaan sampah di Terminal Purabaya menggunakan analisis SWOT.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggambarkan fakta yang ada terkait pengelolaan sampah di Terminal Purabaya. Sampel dalam penelitian ini mengambil orang yang dianggap mengetahui permasalahan yang diteliti yaitu pengelola, petugas kebersihan, pengawas petugas kebersihan, dan Kepala Terminal Purabaya. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis SWOT.

Dari hasil penelitian, maka didapat hasil timbulan sampah perhari di Terminal Purabaya 4.870,28 Kg/hari, dan penilaian pengelolaan sampah di Terminal Purabaya pada tahap penimbulan 88%, pengumpulan 77%, penyimpanan sampah sementara 95%, dan pengangkutan ke TPA 100%, dari semua tahap pengelolaan sampah dapat dikategorikan baik.

Pada analisis SWOT didapat beberapa strategi, antara lain: (1) Terminal Purabaya merupakan Terminal terbesar, yang mana terkait pengelolaan sampah telah bekerja sama dengan DKP atau dinas terkait. Sumber daya manusia (SDM) petugas kebersihan di Terminal Purabaya sudah cukup; (2) Meningkatkan wawasan petugas kebersihan dalam melaksanakan tugasnya; (3) Perlu adanya koordinasi antara pihak Terminal dengan tokoh masyarakat; (4) Perbaikan dan peningkatan sarana prasarana; (5) Meningkatkan wawasan masyarakat / pengunjung Terminal dalam hal pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

 

Kata kunci : SWOT, Analisis pengelolaan sampah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36568/kesling.v15i3.693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats