PELAKSANAAN PSN 3M PLUS TERHADAP CONTAINER INDEX DEMAM BERDARAH DI KENJERAN SURABAYA

Alilah Faridatul U, Nur Haidah, Koerniasari .

Abstract


Pada tahun 2018 ada 31 daerah wabah di Kecamatan Kenjeran, salah satu daerah endemik Surabaya, dan kondisi sanitasi rumah dan tindakan masyarakat terkait dengan kejadian tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara pelaksanaan PSN 3M plus terhadap Container Index DBD.

Jenis penelitian ini adalah deeskriptif analitik dengan sampel penderita sejumlah 29 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Pengumpulan data dan lembar observasi dan melakukan pengamatan langsung pada wadah. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan tabel dalam bentuk distribusi frekuensi dan statistik inferensial yang bernilai tingkat kepercayaan 95%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara Pemberantasan Sarang Nyamuk 3M (PSN) Plus dengan Indeks Kontainer di Kenjeran, Kota Surabaya (p = 0,000). Dan juga ada hubungan indeks Kontainer dengan kejadian demam berdarah (DBD) di Kenjeran Surabaya (p = 0,001).

Kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya mempertahankan PSN 3M Plus adalah salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya DBD. Sehingga masyarakat akan meningkatkan kesadaran PSN 3M, dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang pentingnya Aksi PSN 3M Plus bagi masyarakat.

 

Kata kunci: PSN 3M Plus, Container Index, DBD

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36568/kesling.v17i2.1056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats