KONSEP DIRI MAHASISWA DENGAN ACNE VULGARIS SELF CONCEPT OF STUDENTS WITH ACNE VULGARIS
Abstract
Acne vulgaris sering timbul di usia remaja/dewasa dan akan menjadi masalah tersendiri khususnya berkaitan dengan konsep diri. Penelitian bertujuan mengetahui gambaran konsep diri mahasiswa dengan acne vulgaris. Penelitian menggunakan desain deskriptif. Populasinya adalah seluruh mahasiswa dengan acne vulgaris di Prodi DIII Keperawatan Kampus Sutopo Surabaya. Besar sampel sebanyak 64 mahasiswa menggunakan Purposive Sampling. Variabel yang diteliti adalah konsep diri mahasiswa dengan acne vulgaris, alat pengumpul data adalah kuesioner dalam bentuk skala likert. Hasil penelitian didapatkan bahwa konsep diri mahasiswa dengan acne vulgaris sebagian besar (73%) mempunyai konsep diri negatif. Komponen konsep diri yang negatif yaitu gambaran diri sebanyak 60%, ideal diri 65%, harga diri 63%, identitas diri sebanyak 53%, sedangkan konsep diri yang positif pada komponen peran sebanyak 60%. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa dengan acne vulgaris merasa konsep dirinya negatif atau terganggu. Saran kepada seluruh mahasiswa lebih menjaga kebersihan wajah dan meningkatkan pengetahuan tentang acne vulgaris serta penanganannya secara komprehensif guna meningkatkan konsep diri positif.
Kata-kata Kunci: Konsep Diri, Acne vulgaris
ABSTRACT
Acne vulgaris often occur in adolescence/adulthood and will be a separate issue particularly with regard to self-concept. The study aims to reveal the concept of student self with acne vulgaris. The study used a descriptive design. The population is all students with acne vulgaris in DIII Prodi Nursing Campus Sutopo Surabaya. Large sample 64 students using purposive sampling. The variables studied were self-concept students with acne vulgaris, the data collection tool is a questionnaire in the form of Likert scale. The result showed that self-concept students with acne vulgaris majority (73%) have a negative self-concept. Components of a negative self-concept is a self-image as much as 60%, 65% ideal self, self-esteem 63%, 53% identity, whereas positive self-concept on the role of the components as much as 60%. This suggests that students with acne vulgaris feel negative or distorted self-concept. Advice to all students better keep the face and increase knowledge about acne vulgaris and comprehensive treatment to enhance positive self-concept.
Key Words: Self-Concept, Acne vulgaris
Alamat Korespondensi : ParangKusuma no.1 Surabaya,Tilp.031-3550163
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.