PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PASIEN DALAM PENATALAKSANAAN HIPERTENSI

Nina Firmawati, Sri Hardi Wuryaningsih, Moh Bahrudin

Abstract


ABSTRAK

 

Hipertensi disebut sebagai “The Sillent Diseases” . Kepatuhan diet, pengobatan dan pemeriksaan yang teratur (kontrol) merupakan penatalaksanaan hipertensi yang dapat menghindarkan dan memperkecil resiko serangan dan komplikasi hipertensi yang serius. Tujuan penelitian menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap pada pasien hipertensi di poli dalam RSD Mardi Waluyo Blitar. Desain penelitian adalah “Pre Eksperimen”dengan rancangan one group pre test dan post test. Subyek penelitian adalah 40 pasien hipertensi yang datang ke poli dalam RSD Mardi Waluyo Blitar  yang dipilih secara  Simple Random Sampling. Variabel independent penelitian adalah pendidikan kesehatan dan variabel dependen adalah pengetahuan dan sikap pasien hipertensi. Sebelum dan sedudah penyuluhan pasien diberikan kuesioner pengetahuan dan sikap. Data karakteristik dan variabel pengetahuan dan sikap dideskripsikan dalam bentuk tabel. Pengaruh perubahan pengetahuan  dan  sikap  sebelum  dan  sesudah dilakukan  intervensi  pendidikan  kesehatan  dianalisis  dengan statistik Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pasien hipertensi memiliki pengetahuan    baik  (62,5%),  sikap  positif  (85%)  setelah  mendapatkan  pendidikan  kesehatan.  Pemberian pendidikan kesehatan meningkatkan pengetahuan (p=0,000) dan sikap (p=0,001) pasien terhadap penatalaksanaan hipertensi. Disarankan kepada perawat atau petugas kesehatan yang bertugas di Poliklinik Penyakit  Dalam  RSD  Mardi  Waluyo  untuk    lebih  intensif  memberikan  pendidikan  kesehatan  dan  konseling terhadap pasien hipertensi.

 

Kata-Kata Kunci : pendidikan kesehatan , hipertensi, pengetahuan, sikap

 

EFFECT OF HEALTH EDUCATION ON KNOWLEDGE AND ATTITUDE IN THE MANAGEMENT OF HYPERTENSION PATIENTS

 

ABSTRACT

 

Hypertension is called "The Silent Diseases". Compliance diet, medication and regular inspection (control) the management of hypertension that can prevent and minimize the risk of attacks and serious complications of hypertension. The research objective to analyze the effect of health education on knowledge and attitude in hypertensive patients in the poly in RSD Mardi Waluyo Blitar. The study design was a "Pre Experiment" with the design of one group pre-test and post-test. The subjects were 40 patients with hypertension who came to the poly in RSD Mardi Waluyo Blitar chosen by simple random sampling. The independent variable is health education research and the dependent variable is the knowledge and attitudes of patients with hypertension. Before and counseling patients were given a questionnaire sedudah knowledge and attitudes. Data characteristics and knowledge and attitude variables described in table form. Effect of changes in knowledge and attitudes before and after the intervention of health education statistics analyzed by Wilcoxon Signed Rank Test. The results showed the majority of patients with hypertension have a good knowledge (62.5%), a positive attitude (85%) after receiving health education. The provision of health education increases knowledge (p = 0.000) and attitude (p =0.001) of patients on the management of hypertension. Suggested to the nurse or health worker who served in the Polyclinic Internal Medicine RSD Mardi Waluyo for more intensive health education and counseling of patientswith hypertension.

  Keywords: health education, hypertension, knowledge, attitudes


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.