KEMAMPUAN MAHASISWA DIPLOMA - III KEPERAWATAN POLTEKKES KEMENKES SURABAYA DALAM MEMBERIKAN DISCHARGE PLANNING PADA PASIEN
Abstract
ABSTRAK
Perawat mempunyai peran sebagai pendidik, perawat juga salah satu anggota team discharge planner. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam memberikan discharge planning pada pasien. Jenis penelitian Quasy Eksperiment Design. Sampel penelitian adalah sebagian dari mahasiswa tingkat III Prodi D III Keperawatan Sutopo Surabaya Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya sebanyak 42 mahasiswa yang diambil menggunakan Simple Random Sampling. Variabel bebas penelitian adalah discharge planning. Variabel tergantung penelitian adalah kemampuan discharge planning mahasiswa kepada pasien. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Berdasarkan hasil uji statistik pada kelompok perlakuan didapatkan bahwa ada perbedaan kemampuan mahasiswa dalam memberikan discharge planning sebelum dan sesudah pemberian pelatihan dengan nilai p=0,000. kemampuan mahasiswa sebelum perlakuan lebih banyak yang kurang yaitu sebanyak 57,1%. Sedangkan setelah perlakuan kemampuan mahasiswa lebih banyak yang cukup dan baik yaitu sebanyak 57,1% dan 42,9%. Pada kelompok kontrol kemampuan mahasiswa sebelum perlakuan lebih banyak yang kurang yaitu sebanyak 57,1%. Sedangkan setelah perlakuan kemampuan mahasiswa tetap lebih banyak yang kurang yaitu 47,6%. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test didapatkan ada perbedaan kemampuan mahasiswa dalam memberikan discharge planning antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol (p=0,002<α=0,05). Kemampuan mahasiswa pada kelompok kontrol dalam pelaksanaan discharge planning tidak mengalami perubahan. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada upaya dari mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan sendiri tentang pelaksanaan discharge planning. Discharge planning sangat penting bagi untuk membantu klien dan keluarga memahami permasalahan, pencegahan yang harus dilakukan sehingga dapat mengurangi angka kambuh, dan penerimaan kembali di rumah sakit.
Kata-kata kunci : Kemampuan, discharge Planning, mahasiswa, Diploma III
THE ABILITY OF THE DIPLOMA OF NURSING STUDENTS TO PROVIDE DISCHARGE PLANNING ABSTRACT
When the discharge planning given by the nurse was not delivered with precision and clarity, the growing number of disease recurrence and increase the number of disease complications and increased mortality and morbidity. This study aims to analyze the ability of the Diploma of Nursing students to provide discharge planning to patients before and after training was given. The design of this research using this type of study design Quasy experiment involving control groups in addition to the experimental group. The population in this study were all third level students majoring in nursing Nursing Sutopo MoH Health Polytechnic of Surabaya academic year 2014/2015 amounted to 75 students. The sample size of 42 students. The independent variable in this study is the training of discharge planning. The dependent variable in this study is the students' ability to provide discharge planning to patients. The data have been tabulated and analyzed using a 95% confidence level (α = 0.05). To determine differences in the ability of students in providing discharge planning for patients between treatment groups with the control group using the Wilcoxon Signed Ranks Test. The results of the analysis of this study shows that there are differences in students' ability to provide discharge planning to patients treated between students with a p=0,002<α=0,05. The results of this study may provide insight about the importance of discharge planning to provide training to students, so that students are able to provide discharge planning to patients and families clearly and thoroughly.
Keywords: student ability, discharge planning
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.