PERMAINAN HALMA MENCEGAH PROGRESIFTAS KERUSAKAN KOGNITIF PADA LANSIA DEMENSIA (Halma Traditional Game Prevent to Cognitive Impairment Progressivity on Elderly with Dementia)

Fitria Andini, Joni Haryanto, Setho Hadisuyatmana

Abstract


ABSTRAK

Terapi Reminiscene terbukti efektif sebagai pengobatan untuk demensia. Halma adalah permainan tradisional di Indonesia yang populer di tahun 1950-an. Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh halma sebagai kenang-kenangan untuk progresivitas lebih lambat dari penurunan kognitif pada lansia dengan demensia. Dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi, query melibatkan 18 penatua menggunakan metode multistage sampling. Data dikumpulkan menggunakan Moca-INA questionnaeire dan dianalisis menggunakan Paired T-test (p≤0,05). Hasilnya menunjukkan bahwa halma merupakan terapi yang efektif secara perlahan-lahan mengurangi progressivitiy dari penurunan kognitif pada lansia dengan demensia. Bahwa semua peserta adalah perempuan, hasil penelitian ini harus digeneralisasi dengan kepedulian yang tinggi. Bahwa penelitian ini hanya mengeksplorasi reminiscene dalam mencegah progresivitas penurunan kognitif pada demensia, penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi pada efek memori perubahan emosi dan perilaku.

 

Kata-kata kunci: Terapi Reminiscence, halma, kognitif, demensia, orang tua

 

ABSTRACT

Reminiscene therapy was proven effective as treatment for dementia. Halma is a traditional game in Indonesia which is popular in 1950’s. This research explored the influence of halma as reminiscence to slower progressivity of cognitive impairment in elderly with dementia. In this study was a quasy experiment, query involving 18 elder using multistage sampling method. The data were collected using MoCA-INA questionnaeire and analyzed using Paired T-test (p≤0,05). The result indicate that halma is an effective therapy in slowly reducing progressivitiy of cognitive impairment on elderly with dementia. That all the participant were women, the result of this study should be generalized with high concern. That this research was only exploring reminiscene in preventing the progressivity of cognitive impairment in dementia, further research is suggested to explore on effect of reminiscence in emotional and behavioural changes.

 

Keywords: Reminiscence therapy, halma, cognitive, dementia, elderly


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.