GAMBARAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK BERKACAMATA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Penggunakan gadget semakin meningkat, terutama anak usia sekolah dasar Posisi yang tidak benar, frekuensi lamanya penggunaan gadget yang berlebihan, jarak pandang yang tidak baik dan intensitas pencahayaan yang tidak baik akan berdampak terhadap gangguan kesehatan mata yaitu penurunan tajam penglihatan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penggunaan gadget pada anak yang berkacamata di Sekolah Dasar Negeri kapasari 8 Surabaya.Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini observasi dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel total sampling, berjumlah 26 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang berkacamata di Sekolah Dasar Negeri Kapasari 8 Surabaya hampir seluruhnya menggunakan gadget dengan posisi yang salah, sebagian besar menggunakan gadget dengan frekuensi, jarak pandang dan intensitas pencahayaan dengan penggunaan yang salah. Diharapkan kepada anak yang berkacamata di Sekolah Dasar Negeri Kapasari 8 Surabaya untuk menjaga posisi, frekuensi, jarak pandang dan intensitas pencahayaan dalam penggunaan gadget.
Kata Kunci : Penggunaan Gadget, Berkacamata, Anak Sekolah Dasar
Overview of the Use Gadgets in Children with Glasses at Kapasari 8 Surabaya Public Elementary School
ABSTRACT
At present the tendency of children to used gadget increasing, especially primary school age children because it could interfere with eye health if they use it wrongly. Incorrect used of gadget, included incorrect position, excessive frequency of gadget usage, poor visibility and poor lighting intensity will have an impact on eye health problems, namely a decrease in visual acuity so as not to rule out the used of glasses. The purpose of this study was to determine the description of the used of gadgets in glasses-wearing children at Kapasari 8th State Elementary School in Surabaya. This research method used descriptive method. This research instrument used observation and questionnaire. The sampling technique used total sampling. This population was 26 children. The research of this study indicated that glasses wearing at Kapasari 8 Surabaya Public Elementary School almost used gadget with the wrong position, most of them used gadget with frequency, visibility and lighting intensity with the wrong usage.
Based on the research, it was expected thah the glasses wearing at Kapasari 8 Surabaya Public Elementary School to maintain the position, frequency, visibility and lighting intensity of used gadget.
Keywords: Use of Gadgets, Glasses, Elementary School Children.
Full Text:
PDFReferences
Ernawati, 2015. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Tajam Penglihatan Pada Anak Usia Sekolah (6-12 tahun) Di SD Muhammadiyah 2 Pontianak Selatan. Jurnal Proners, Volume Vol 3, p. 1.
Handrianto, 2013. Buku Ajar Kesehatan Kerja. Jakarta: EGC.
Ihsan, 2011. Gambaran Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Siswa Sekolah Dasar Islam Cireundeu Kelas 5 dan Terhadap Miopia dan Faktor Yang Mempengaruhinya
Ilyas, 2004. Ilmu Perawatan Mata. Jakarta: Sagung Seto
Ishidharmanjaya, 2014. Bila Si Kecil Bermain Gadget. Yogyakarta: Electronic Book
Mangoenprasodjo, 2005. Mata Indah Mata Sehat. Yogyakarta: Thinkiresh
Nurrachmawati, 2014. Pengaruh sistem operasi mobile android pada anak usia dini. jurnal pengaruh system operasi mobile android pada anak usia dini.
Permana, 2015. Faktor yang Berhubungan Dengan Keluhan Computer Vision Syndrome (CVS) Pada Pekerja Rental Komputer di Wilayah UNNES. Unnes Journal of Public Health, 3. http://20%/KARYA%20TULIS%20ILMIAH/REFERENSI/SKRIPSI.pdf. Diakses 21 Desember 2017 pukul 07.49 WIB
Puspita, 2013. Hubungan Antara Perilaku Penggunaan Laptop Dan Keluhan Kesehatan Akibat Penggunaan Laptop Pada Mahasiswa Sarjana Reguler Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Depok. Universitas Indonesia. 2012. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20297471-S1889-Ananda%20Puspitasari.pdf (diakses tanggal 20 April 2017)
Pravita, 2014. Skrining Penglihatan (Visus) Tahun Sekolah Dasar. Journal.respati.ac.id//…/3/%20Jurnal%20Nur%. Diakses 21 November 2017 pukul 22.34 WIB.
Refbacks
- There are currently no refbacks.