KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA D 3 KEPERAWATAN KAMPUS SOETOMO SURABAYA

Masamah Al Mahmudah, Siti Maemonah, Wahyu Dwi Febriansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan konsep diri dengan motivasi belajar
mahasiswa Prodi D 3 Keperawatan Kampus Soetomo Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian
analitik korelasional. Sebagai Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Semester IV Prodi D
3 Keperawatan Kampus Soetomo Surabaya sebanyak 95 orang. Sampel dipilih dengan teknik
Proportionale Stratified Random Sampling, sejumlah 77 orang. Data yang terkumpul dianalisis
dengan uji statistik korelasi Chi square dengan Fisher Exact Test. Hasil didapatkan bahwa sebagian
besar Mahasiswa semester IV Prodi D 3 Keperawatan Kampus Soetomo Surabaya mempunyai
konsep diri positif dan motivasi belajar tinggi. Namun tidak ada hubungan antara konsep diri
dengan motivasi belajar Mahasiswa Prodi D 3 Keperawatan Kampus Soetomo Surabaya.
Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan melakukan penelitian lebih lanjut tentang faktor lain
yang bisa mempengaruhi motivasi belajar seseorang seperti faktor fisik dan mental, faktor
lingkungan, dan fasilitas atau sarana dan prasarana maupun Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK.
Sehingga hal ini bisa membantu mengontrol motivasi belajar dan bisa meningkatkan motivasi
belajar mahasiswa.

Kata kunci: konsep diri, motivasi belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN KESEHATAN