KADAR TIMBAL (Pb) PADA DAGING KERANG DARAH BERCANGKANG DAN TIDAK BERCANGKANG SETELAH PENGUKUSAN DENGAN AIR YANG DITAMBAHKAN ASAM JAWA (Tamarindus indica L.)

Suhariyadi - Suhariyadi, Nurcholis - Nurcholis, Nanis Nurdiyati

Abstract


Kerang darah merupakan sumber protein yang bernilai ekonomis. Permasalahan pada kerang darah adalah habitat kerang yang hidup dengan cara membenamkan diri dibawah permukaan lumpur menyebabkan kerang mudah terakumulasi oleh logam berat timbal (Pb). Apabila timbal (Pb) masuk tubuh manusia akan menyebabkan anemia, gangguan ginjal dan gangguan neurologi. Salah satu cara untuk mengurangi timbal dalam kerang adalah dengan menggunakan asam jawa karena mengandung senyawa asam sitrat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar timbal pada kerang darah bercangkang dan tidak bercangkang setelah pengukusan dengan larutan asam jawa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan analisa data kuantitatif, sampel kerang darah diambil dari TPI Banjar Kemuning Kabupaten Sidoarjo secara purposive sampling. Variabel penelitian adalah pengukusan tanpa asam jawa, pengukusan dengan air yang ditambahkan asam jawa konsentrasi 5%,15%, dan 25% selama 30 menit dan dibedakan untuk kerang darah bercangkang dan tidak bercangkang. Penetapan kadar timbal menggunakan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA) yang dilakukan di Laboratorium Kimia BARISTAND Surabaya pada bulan Februari-Juni 2017.
Hasil penelitian dilakukan analisa data dengan menggunakan uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kerang darah bercangkang dan tidak bercangkang yang diberi perlakuan pengukusan tanpa asam jawa dan pengukusan dengan air yang ditambahkan asam jawa konsentrasi 5%, 15%, dan 25% tidak berpengaruh terhadap kadar timbal (Pb).
Kata Kunci : Kerang darah, Timbal, Asam jawa, Asam sitrat, Pengukusan.


References


Agustin, Bs., Fida, R., & Raharjo. 2015.Efek Berbagai Waktu Perendaman Dan Konsentrasi Filtrat Belimbing Wuluh (Averrhua bilimbi) Terhadap Penurunan Kadar Timbal (Pb) Daging Ikan Bader (Barbonymus gonionotus) Dari Kali Surabaya.

Apriadi, Dandy. 2005. Kandungan Logam Berat Hg, Pb Dan Cr Pada Air, Sedimen Dan Kerang Hijau (Perna Viridis L.) Di Perairan Kamal Muara, Teluk Jakarta. Skripsi. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor.

Badan Standarisasi Nasional. 2011. SNI 2354.5:2011. Cara Uji Kimia-Bagian 5 : Penentuan Kadar Logam Berat Timbal (Pb) dan Kadmium (Cd) pada Produk Perikanan. Jakarta. BSN.

Cahyo S. & Diana, H. 2010. Bahan Tambahan Pangan. Kanisius.Yogyakarta.

Izza, TA., Nurhidayat, & Arie Febrianto M. 2014.Penurunan Kandungan Timbal (Pb) Pada Kupang Merah (Musculitas senhauisa) Dengan Perebusan Asam Pada Kajian Jenis Dan Konsentrasi Asam.

Khatimah, Khusnul. 2016. Analisis Kandungan Logam Timbal (Pb) Pada Caulerpa racemosa Yang Dibududayakan Di Perairan Dusun Puntondo Kabupaten Takalar. Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Universitas Hasanuddin. Makassar. Skripsi.

Latifah, A. 2011. Karakteristik Morfologi Kerang Darah. Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Wilayah

Pesisir dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.Bogor

Meidianasari F, 2010.Pembuatan Saus Kupang Merah (Musculita senhausia) Dengan Perlakuan Konsentrasi Asam Sitrat dan Lama Perendaman.Skripsi.

Noviana, Rezita. 2016. Pengukusan pada daging kerang bercangkang dan tidak bercangkang terhadap perubahan kadar timbal (Pb). Poltekkes Kemenkes Surabaya.

Pransiska, Layani. 2009. Pengaruh Variasi Berat Asam Gelugur (Garcinia atrovirdis, Griff. Terhadap Penurunan Kadar Logam Pb, Cr Dan Cd Pada Perebusan Kerang Bulu (Anadara antiquate) Dari Perairan Belawan. Fakultas Farmasi. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Rahmawati, Riana. dkk. 2013. Pengaruh Lama Perebusan Kerang Darah (Anadara granosa) Dengan Arang Aktif Terhadap Pengurangan Kadar Logam Kadmium Dan Kadar Logam Timbal. Jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro.

Saputri, RM., Nurhidayat., & Arie Febrianto. 2015. Penurunan Logam Berat Timbal (Pb) Ikan Nila (Oreochromis nilotica) Kali Surabaya menggunakan Filtrat Jeruk Siam (Citrus nobilis).

Sari, Fitri Indah. 2005. Efektifitas Larutan Asam Cuka Untuk Menurunkan Kandungan Logam Berat Cadmium Dalam Daging Kerang Bulu. Jurnal Kesehatan Lingkungan. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Airlangga. Surabaya.

Sarwono, B. 2001.Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis.Jakarta.Agromedia Pustaka.

Selpiani, L., Umroh, & Duri, R. 2015. Konsentrasi Logam Berat (Pb, Cu) Pada Kerang Darah (Anadara granosa) di Kawasan Pantai Keranji Bangka Tengah dan Pantai Teluk Kelabat Bangka Barat.9 : (01).

Setiawan, TS., Rachmawati F., Raharjo. 2012. Efektivitas Berbagai Jenis Jeruk (Citrus sp.) untuk Menurunkan Kadar Logam Berat Pb dan Cd Pada Udang Putih (Panaeus Margurensis).LenteraBio.1(1):35-45

Thomas, A.N.S. 2012. Tanaman Obat Tradisional 1. Kanisius.Yogyakarta.

Ulfah, S., Fida R., & Raharjo. 2013.Upaya Penurunan Logam Berat Timbal Pada Mystus neirileps Di Kali Surabaya Menggunakan Filtrat Kulit Nanas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.