MANAJEMEN PENGENDALIAN RISIKO PADA BAGIAN PRODUKSI DI PABRIK GULA KEDAWOENG KABUPATEN PASURUAN TAHUN 2020

Nisrina Nuha Sholiha, Hadi Suryono, Marlik .

Abstract


Pabrik Gula Kedawoeng Pasuruan adalah agrobisnis perkebunan dengan produk utama core bussinesgula. Penggunaan mesin dan peralatan kerja dalam aktivitas produksi ini dapat menyebabkan adanya kebisingan pada kegiatan produksi yang dihasilkan dari pengoperasian mesin vakum pan dan gerinda berdasarkan dari hasil pengolahan data sekunder. Untuk itu perlu adanya pengelolaan manajemen risiko kesehatan dan keselamatan kerja yang baik mengacu pada pengendalian risiko untuk mencapai zero accident.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan mengolah data sekunder di Pabrik Gula Kedawoeng tahun 2020 meliputi pengukuran lingkungan fisik kerja.Objek penelitian sebanyak 179 orang pekerja area produksi.Data dianalisis menggunakan matriks AS / NZ 4360: 2004.

         Hasil penelitian berupa analisis dan penilaian iklim kerja di 5 area produksi terdapat 4 (empat) risiko dengan kategori rendah (Low) dan 1 (satu) risiko dengan kategori tinggi (High), pada intensitas pencahayaan terdapat 2 (dua) risiko dengan kategori rendah (Low) dan 3 (tiga) risiko kategori sedang (Medium), pada kebisingan kegiatan Maintenance terdapat 2 (dua) risiko dengan kategori rendah (Low) dan 3 (tiga) risiko dengan kategori sedang (Medium), dan pada tingkat kebisingan kegiatan produksi terdapat  1 (satu) risiko dengan kategori sedang (Medium) dan 4 (risiko) dengan kategori sangat tinggi (Very High).

Perlu adanya pengendalian risiko pada area produksi dengan risiko kategori tinggi (High).Salah satunya dengan memperbaiki manajemen P2K3 dalam hal mengurangi tingkat risiko kecelakaan kerja yang ada di pabrik tersebut.


Full Text:

PDF

References


Ekfan Susanto. 2017. “Pengaruh Penerapan Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Di PT. Nestle Indonesia Pabrik PanjangBandar Lampung ( Tesis ) Oleh Ekfan Susanto Program Pascasarjana Magister Manajemen,” 118.

Mulyani, Siti. 2016. “Dengan Menggunakan Metode Domino Pada Pembangunan Proyek Apartemen Grand Taman Melati Margonda-Depok Using Domino Method Of Development Apartment Project Of Grand Taman Melati Margonda-Depok.” Jurusan Teknik Sipil TUGAS AKHI: 1–7.

Mentari, Ajeng Putri, Rani Aulia Imran, And Kuwat Raharjo. 2018. “Evaluasi Penerapan K3 Lingkungan Kerja Faktor Fisika Pada Proses Produksi Karet Di PT. PN IX Krumput.” Prosiding Seminar Nasional K3 - SHEA, UNS, Surakarta, No. November.

Winarto, Sigit, Hanifa Maher Denny, And Bina Kurniawan. 2016. “Studi Kasus Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Pengeboran Migas Seismic Survey PT. X Di Papua Barat.” Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia 11 (1): 51. Https://Doi.Org/10.14710/Jpki.11.1.51-65.

Fatimah, Siti, And Fitri Indrawati. 2019. “Masa Kerja, Beban Kerja, Konsumsi Air Minum Dan Status Kesehatan Dengan Regangan Panas Pada Pekerja Area Kerja.” Higeia Journal Of Public Health Research And Development 3 (4): 524–33.

Manullang, Anindyaka Lamhot Edward. 2015. “Evaluasi Pencahayaan, Kebisingan, Temperatur, Dan Getaran Pada Line 3 Pt South Pasific Viscose.” Evaluasi Pencahayaan, Kebisingan, Temperatur, Dan Getaran Pada Line 3 Pt South Pasific Viscose 4 (3): 1–12.

Ramadhan, Ario. 2019. “Analisis Intensitas Kebisingan Penyebab Risiko Noise Induced Hearing Loss Di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya Analysis Of Noise Intensity Causing Noise Induced Hearing Loss Pendahuluan Bandara Internasional Juanda Surabaya , Usaha NIHL ). Para P.” Journal Of Industrial Hygiene And Occupational Health 3 (2): 166–73.




DOI: https://doi.org/10.36568/kesling.v19i1.1379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats