PENGARUH KADAR BENZENE DALAM DARAH DAN KARAKTERISTIK PEKERJA TERHADAP PROFIL DARAH PEKERJA (Di PT. Laju Luas Indonesia)

rachma - azzavira, Demes - Nurmayanti, - - Rachmaniyah

Abstract


Paparan bau yang diakibatkan oleh benzene dapat menyebabkan perubahan kadar profil darah pada tenaga kerja di PT.X. Perubahan kadar profil darah ini diakibatkan karena target utama dari benzene adalah sumsum tulang sebagai tempat pembentukan sel darah. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kadar benzene dalam darah dan karakteristik pekerja dengan profil darah pekerja.

Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan metode cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling sebanyak 14 pekerja di bagian produksi. Pengumpulan data menggunakan hasil laboratorium, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan uji Korelasi Produk Moment dan uji alternatifnya Rank Spearman.

Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya pengaruh signifikan karakteristik IMT, masa kerja, dan riwayat lama merokok dengan hemoglobin, sel darah merah dan MCV, sedangkan untuk karakteristik usia dan kebiasaan merokok serta kadar benzene dalam darah ada pengaruh signifikan dengan  MCV, namun tidak ada pengaruh signifikan dengan hemoglobin dan sel darah merah.

Kadar benzene yang tinggi dibagian produksi dapat beresiko terhadap penyakit akibat kerja. Saran untuk perkeja untuk tetap menjaga jam istirahat serta mengurangi kebiasaan merokok pada saat bekerja. Bagi industri hendaknya melakukan controlling pada kebijakan terumata untuk K3 di bagian produksi.


Full Text:

PDF

References


Budiman. (2011). Penelitian Kesehatan (Buku Pertama). Bandung: Refika Aditama.

EPA, E. (1998). Carcinogenic Effect of Benzene.

Erini Meilana Bestari, S. L. (2019). SUMBER BENZENA, KARAKTERISTIK DAN KADAR HEMOGLOBIN MEKANIK BENGKEL MOTOR AHASS KOTA KEDIRI . Jurnal Kesehatan Lingkungan .

Gandasoerbrata. (2013). Penuntun Laboratorium Klinis. Jakarta.

Inal, B. (2014). Effects of smoking on healthy young men's hematologic parameters. Northem Clinics of Istanbul.

Indriasari, R. (2013). Hubungan Asupan Zat Gizi Pembentuk Sel Darah Merah dengan Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil di Kabupaten Gowa.

Jothery, A. H. (2017). Changes in the Hematological Profil Among Workers at Patrol Stations in Babil Province/Iraq. Mesopotemia Enviromental Journal.

Kamal A, M. R. (2012). Hematological Evidence of Occupational Exposure to Chemicals and Other Factors among Auto-Repair Workers in Rawalpindi Pakistan. Osong Public Health Res Perspect.

Kemenkes. (2011). Pedoman Interpretasi Data Klinik. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Meidyanto, A. (2020). Pengaruh Karakteristik Pekerja dengan Kadar Benzene dalam Darah PT. Laju Luas Indonesia.

Mohammed, H. (2018). hematological Assessment of Benzene Exposure Among Employess in Ras-Elmengar Depository of El-Brega Company, Beghanzi. Enviromental & Analytical Toxicology.

N., S. (2016). Gambaran Profil Darah Pekerja Sektor Informal Industri Sepatu Kulit.

Nikmah, W. I. (2016). Hubungan Antara Paparan Benzena dengan Profil Darah Pada Pekerja di Industri Percetakan X Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkm.

Parinduri. (2018). Hubungan Paparan Benzena dengan Anemia pada Pekerja Industri Percetakan di Kota Medan Tahun 2018. Repositori Institusi USU.

Pesatori AC, G. S. (2009). Early Effects of Low Benzene Exposure on Blood Cell Counts in Bulgarian Petrochemical Workers. Med Lav.

Pratiwi, D. R. (2018). Gambaran Kadar HbCO dalam Darah Pada Masyarakat Dusun Demeling, Gedangan, Sidoarjo. GEMA KESEHATAN LINGKUNGAN.

Ramon, A. (2007). Analisis Paparan Benzena Terhadap Profil Darah Pada Pekerja Industri Pengolahan Minyak BUmi.

Safithri, R. (2017). Profil Darah Pekerja SPBU yang Terpapar Benzena.

Salawati, L. (2015). Penyakit Akibat Kerja dan Pencegahan. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala Volume 15 Nomor 2.

Schick P, T. F. (2014). Megaloblastic Anemia. Retrieved from http://emedicine.medscape.com/a rticle/204066-overview#showall.

Siswanto. (2017). Darah dan Cairan Tubuh. Denpasar: Fakultas Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana.

Soedirman. (2012). Higiene Perusahaan.

Sulistiyani. (2010). Pengaruh Riwayat Atropik Terhadap Timbulnya Dermatitis Kontak Iritan di Perusahaan Batik Putra Layeweyan Surakarta.

Susianti, N. (2016). Gambaran Profil Darah Pekerja Sektor Informal Industri Sepatu Kulit.

Tualeka, A. R. (2019). Relationship of Benzene Exposure to Trans, Trans-Muconic Acid and Blood Profile of Shoe Workers in Romokalisari Surabaya, Indonesia. US National Library of Medicine National Institutes of Health.

WHO. (2010). Exposure to benzene : A Major Public Health Concern. Retrieved from WHO Document Production Services. Retrieved from https://www.who.int/ipcs/features/benzene.pdf

Yuniati, I. (2016). Hubungan Praktik Kerja, Pajanan Benzena dan Kebiasaan Merokok dengan Konsentrasi Benzene dalam Urin.




DOI: https://doi.org/10.36568/kesling.v19i1.1495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats