PENURUNAN KADAR ARSEN PADA SELADA KERITING (Lactuca sativa crispa) MENGGUNAKAN AIR PERASAN JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia swingle)

Ika Agustina, Narwati ., Rusmiati .

Abstract


Selada merupakan sayuran segar yang langsung dikonsumsi, jika tidak diolah dengan benar, berpotensi memberikan dampak kesehatan pada manusia. Salah satu upaya mengurangi kandungan Arsen dengan bahan yang bersifat chelating agent alami yaitu air perasan jeruk nipis. Tujuan penelitian ini  menganalisis penurunan kadar arsen pada selada keriting sebelum dan sesudah perendaman menggunakan air perasan jeruk nipis.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni. Metode yang digunakan yaitu uji organoleptik dan pemeriksaan kadar Arsen dengan menggunakan alat Spektrofotometer Serapan Atom (SSA).

Hasil uji organoleptik yang memenuhi syarat adalah konsentrasi air perasan jeruk nipis 25% dan 50%, sedangkan yang tidak memenuhi syarat adalah konsentrasi 75%. Pada  Uji One Way ANOVA kadar Arsen menunjukkan hasil p<0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan. Disimpulkan bahwa air perasan jeruk nipis dapat digunakan menurunkan kadar Arsen, untuk dapat menurunkan arsen dan mempertahankan mutu selada keriting menggunakan konsentrasi air perasan jeruk nipis 25%.

Kata Kunci : Arsen (As), Selada Keriting, Air Jeruk Nipis

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36568/kesling.v16i2.828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats