PERBEDAAN HOUSE INDEX (HI) SEBELUM DAN SESUDAH PENANGGULANGAN FOKUS DI KELURAHAN TAWANGANOM KECAMATAN MAGETAN KABUPATEN MAGETAN TAHUN 2018

Fitria Rizki R, Koerniasari ., Sri Mardoyo

Abstract


Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang jumlah penderitanya semakin meningkat setiap tahun dan penyebarannya semakin luas. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah upaya penanggulangan fokus (PF) meliputi Penyuluhan, Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), Larvasidasi, Fogging.

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan House Index (HI) sebelum dan sesudah penanggulangan fokus di Kelurahan Tawanganom Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik Ex Post Facto dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan data lebih diutamakan dengan cara observasi. Jumlah sampel 225 rumah atau kepala/anggota keluarga.

Berdasarkan hasil uji T-test sampel berpasangan (paired-sampel T test) menunjukkan bahwa ada perbedaan yang bermakna House Index (HI) demam berdarah dengue antara sebelum dan sesudah penanggulangan fokus dengan p value (0,000) <α (0,005). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penanggulangan fokus dapat meningkatkan Angka Bebas Jentik khususnya House Index (HI) demam berdarah dengue di KPR Asabri I Tawanganom Indah RW.5 Kelurahan Tawanganom Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan.

 

Kata Kunci : House Index, Penanggulangan Fokus DBD.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36568/kesling.v16i2.825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats