STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH DI TEMPAT PENGOLAHAN SAMPAH TERPADU KEBOANSIKEP KECAMATAN GEDANGAN KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2017

Deavita Resaningtyas, Mamik ., Setiawan .

Abstract


Upaya Pemerintah pusat untuk meminimalisir sampah didukung penuh oleh Kabupaten Sidoarjo. Program yang telah dilaksanakan adalah pembangunan TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu).TPST Keboansikep merupakan TPST skala menengah  yang  dikelola oleh  KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat)  Bumi Lestari. Tujuan penelitian ini untuk menentukan strategi pengelolaan sampah di TPST Keboansikep.

Jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitumenggambarkan fakta-fakta pengelolaan sampah rumah tangga di Desa Keboansikep. Metode yang digunakan yaitu Analisis SWOT.

Hasil matriks IFAS skor tertinggi berada pada kekuatan dan sedangkan matriks EFAS berada di peluang. sehingga dapat disimpulkan pada diagram analisi SWOT masuk ke dalam katagori kuadran I yaitu mendukung startegi agresif.

Simpulan  ditentukan strategi pengelolaan sampah di TPST Keboansikep(1) Mengadakan pelatihan atau pendidikan pembuatan daur ulang dari sampah kepada warga, (2) Menyediakan atau mengadakan pewadahan sampah secara terpilah baik sampah basah maupun sampah kering di titik-titik tertentu, (3) Membentuk kader lingkungan, (4) Meningkatkan kualitas SDM dengan mengikuti program Pelatihan yang akan dilaksanakan oleh DLHK, (5) Bekerja sama dengan pemerintah desa untuk mengadakan sosialisasi kepada warga untuk menyadarkan masyarakat akan perilaku membuang sampah dan memilah sampah, dan (6) Membuat sarana pengolahan air lindi sederhana, (7) Membuat papan pengumumam/ mading di TPST Keboansikep. Saran bagi pengelola adalah pelatihan/sosialisasi pengolahan sampah.

Kata kunci : SWOT, Pengelolaan sampah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36568/kesling.v15i3.688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats