Kualitas Mikrobiologi Air Bersih Di Rumah Sakit Jiwa Menur

Hikma Maulidiya Mulyaningrum, Ferry Kriswandana, Putri Arida Ipmawati

Abstract


Air merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan rumah sakit, mengingat bahwa rumah sakit adalah tempat perawatan orang sakit, maka penyehatan air perlu diperhatikan setiap saat baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya agar tidak mengakibatkan sumber infeksi baru bagi penderita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas upaya peningkatan kualitas mikrobiologi air bersih di Rumah Sakit Jiwa Menur.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif evaluatif dengan menguji kualitas mikrobiologi total koliform air bersih dan dengan mengobservasi aspek perencanaan, pengorganisasian SDM, proses pelaksanaan serta pengawasan dalam penyediaan air bersih di Rumah Sakit untuk mengetahui penyebab terjadinya cemaran total koliform, sehingga dapat dilakukan evaluasi dalam upaya peningkatan kualitas mikrobiologi air bersih.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualiatas mikrobiologi air bersih berdasarkan data sekunder yang diperoleh didapatkan hasil yang tidak memenuhi syarat. Form observasi di lapangan yang dilakukan dengan metoda wawancara tentang penyediaan air bersih di rumah sakit didapatkan rata-rata hasil sebesar 51,78 dengan kategori kurang baik.

Saran yang dapat diberikan untuk Rumah Sakit yaitu  diharapkan dapat meningkatkan kualitas mikrobiologi air bersih dengan melakukan desinfeksi atau pengolahan tambahan lainnya agar memenuhi persyaratan, dan meningkatkan beberapa aspek dalam penyediaan air bersih.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36568/kesling.v19i2.1540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats