PENGARUH IKLIM KERJA TERHADAP KELELAHAN TENAGA KERJA

Lintang Eka, Darjati ., Agnes Theresia DN

Abstract


Lingkungan kerja merupakan segala sesuatu yang berada di sekitar tenaga kerja yang dapat mempengaruhi pekerja dalam melaksanakan pekerjaanya. Dalam lingkungan kerja yang panas, tenaga kerja mendapatkan beban tambahan berupa tekanan panas yang dapat menyebabkan kelelahan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh iklim kerja terhadap kelelahan tenaga kerja bagian bengkel konstruksi di PT Dok dan Perkapalan Surabaya Tahun 2019.

Jenis Penelitian ini bersifat analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kerja bagian bengkel konstruksi yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data melalui kegiatan observasi dan wawancara. Pengukuran iklim kerja menggunakan alat Pshichrometer, thermometer, globe thermometer, dan anemometer. Sedangkan pengukuran kelelahan tenaga kerja menggunakan kuisioner alat ukur perasaan kelelahan kerja dan uji asam laktat. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Dimana kriteria pengujian Ho diterima jika p > 0,05 dan Ho ditolak jika p < 0,05.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa suhu iklim kerja panas tertinggi mencapai 30,8 ⁰C, dengan tingkat kelelahan tinggi yang banyak dirasakan sebesar 93,3%. Dari hasil uji statistic menunjukkan bahwa ada pengaruh iklim kerja terhadap kelelahan tenaga kerja di bengkel konstruksi PT. Dok dan Perkapalan Surabaya berdasarkan titik pengukuran menunjukkan hasil yang signifikan yaitu 0,0013 (p<0,05).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh iklim kerja terhadap kelelahan tenaga kerja pada bagian konstruksi di PT. Dok Dan Perkapalan Surabaya. Disarankan agar pihak perusahaan menambahkan pendingin ruangan untuk menurunkan suhu panas. Para tenaga kerja juga harus istirahat yang cukup  dan banyak minum air.

 

Kata Kunci : Iklim Kerja, Kelelahan Tenaga Kerja


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36568/kesling.v17i2.1061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats