GAMBARAN KEJADIAN SKABIES DI PONDOK PESANTREN TRADISIONAL DAN PONDOK PESANTREN MODERN

Ella Elzatillah S, Siti Surasri, Sri Mardoyo

Abstract


Penyakit kulit scabies dapat ditularkan secara langsung melalui berjabat tangan, tidur bersama, dan melalui hubungan seksual, dan tidak langsung melalui bergantian pakaian, bergantian handuk, personal hygiene yang jelek dan sanitasi yang jelek, penyakit scabies juga dapat menular dengan cepat pada suatu komunitas, seperti dipondok pesantren. Dalam penelitian Mushallina Lathifa dinyatakan 76,7% santriwati pada PPM diniyyah pasia sebagai suspect scabies, dan berhubungan dengan faktor personal hygiene, kepdatan hunian.

Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional bertujuan mengetahui gambaran faktor-faktor terjadinya penyakit scabies di PPT Gading Mangu Perak Jombang dan PPM Surabaya. Populasi penelitian adalah santri PPT Gading Mangu Perak Jombang dan PPM Surabaya, sampel sebesar 72 santri (PPT) dan 27 santri (PPM) diambil secara random.

Hasil penelitian di Pondok Pesantren Tradisional Gading Mangu Perak Jombang terdapat 52 santri (72,2%) yang mengalami kejadian skabies, 19 santri (26,3%) yang memiliki pengetahuan rendah, 40 santri (55,5%) yang bergantian pakaian, 42 santri (58,3%) yang bergantian handuk, 50 orang (69,4%) yang tidur berhimpitan, dan di Pondok Pesantren Modern Mahasiswa Surabaya terdapat 3 santri (11,1%) yang mengalami kejadian skabies, 2 santri (7,4%) yang memiliki pengetahuan rendah, 3 santri (11,1%) yang bergantian pakaian, 1 santri (3,7%) yang bergantian handuk, 0 orang (0%) yang tidur berhimpitan. Tidak ada hubungan faktor dengan kejadian scabies.

Pondok Pesantren dan santri supaya meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, terutama menjaga kebersihan lingkungan dan individu, tidak melakukan bergantian pakaian, tidak melakukan bergantian handuk, tidak melakukan tidur berhimpitan.

 

Kata kunci: Skabies, Pondok Pesantren, pengetahuan, perilaku

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36568/kesling.v17i1.1054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
View My Stats