DUKUNGAN KELUARGA DALAM PENCEGAHAN DAN PERAWATAN PASIEN CAMPAK FAMILY SUPPORT IN THE PREVENTION AND TREATMENT MEASLES PATIENT’S

Titin Suprihatin, Binti Yunariyah, Shelly Prita Kusumatiwi

Abstract


Penyakit campak menjadi salah satu penyebab kematian pada anak-anak di seluruh dunia yang meningkat sepanjang tahun. Pasien campak secara umum dapat dilakukan melalui perawatan  di rumah. Keluarga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kesehatan yang primer dalam rangka melindungi dan mencegah terhadap penyakit yang mungkin dialami oleh keluarga. Jenis penelitian adalah Deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh keluarga di Desa Jatiklabang Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban yang anggota keluarganya pernah menderita campak yang berjumlah 33 orang dan seluruhnya dijadikan sampel. Variabel penelitian adalah dukungan keluarga dalam pencegahan dan perawatan pasien campak. Alat Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian didapatkan dukungan keluarga dalam Pencegahan dan Perawatan Pasien Campak Di Desa Jatiklabang Jatirogo Tuban terbanyak adalah baik sekali (39,4%). Keluarga yang berumur 22-40 tahun sebanyak 39% memberikan dukungan yang baik sekali. Keluarga yang tidak sekolah dan yang berpendidikan tinggi seluruhnya (100%) memberikan dukungan yang baik dan istimewa dalam pencegahan dan perawatan pasien campak. Hanya keluarga yang berpendidikan SD masih ada yang kurang memberikan dukungan sebanyak 30,7%.

 

Kata-kata kunci:  dukungan, keluarga, campak

ABSTRACT

 

Measles is one of the causes of death in children worldwide are increasing throughout the year. Measles is generally done through the family home care is expected to meet the primary health needs in order to protect and prevent against diseases that may be experienced by the family. This type of research is a descriptive cross sectional approach. The study population was all families in the village of Tuban Jatirogo Jatiklabang District whose family members have suffered from measles, amounting to 33 people and all were sampled. The research variables are family support in the prevention and treatment of measles patients. The data was collected using a questionnaire tool. The results obtained support the family in the Prevention and Treatment of Patients Measles In the village of Tuban Jatirogo Jatiklabang most are excellent (39.4%). Families aged 22-40 years were 39% provide very good support. Families who are not highly educated school and wholly (100%) give good support and exceptional patient care in the prevention and measles. Only families who had elementary still missing as much as 30.7% support.

 

Key words: Family , support, Measles

Alamat Koresponden : Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 2 Tuban, Telp. 0356 321827

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.