HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN ANAK

Yetty Wilda, Siti Maemonah, M. Rizal Ramadhan

Abstract


ABSTRAK

Parenting adalah pola interaksi antara orangtua dan anak, yaitu bagaimana sikap atau perilaku orang tua saat berinteraksi dengan anak-anak, termasuk metode penerapan aturan, mengajarkan nilai-nilai/norma, memberikan perhatian dan kasih sayang dan menunjukkan sikap yang baik dan perilaku jadi peran model untuk anaknya. kemerdekaan yang dihasilkan dari kehadiran dan bimbingan orang tua akan menghasilkan kemerdekaan penuh. Untuk menjadi mandiri anak membutuhkan kesempatan, dukungan dan dorongan dari keluarga terutama orangtua orang tua dan sekitarnya, dalam rangka mencapai otonomi atas diri sendiri. Penelitian ini bertujuan hubungan Mengetahui pola asuh orang tua dengan anak-anak di TK Dharma Wanita Kabupaten kemerdekaan Persatuan Kecamatan Waru Sidoarjo.Desain dalam penelitian ini adalah metode korelasi cross-sectional. Populasi penelitian adalah semua ibu yang memiliki anak di garten ramah Dharma Wanita Persatuan Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo sebanyak 58 ibu dengan sampel 51 ibu yang diambil secara simple random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua sedangkan variabel dependen adalah kemandirian anak. Berdasarkan penelitian Parenting Orangtua TK Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kecamatan Waru Sidoarjo, kebanyakan orangtua menerapkan pola asuh demokratis yang sebanyak 38 orang tua (70,2%), sebagian besar anak-anak kemerdekaan sebanyak 38 anak yang mandiri anak (74,5%). Berdasarkan analisis dari uji Exact Fisher dalam mendapatkan nilai yang signifikan (p=0,010) dan nilai signifikansi (p) lebih kecil dari tingkat signifikansi (α=0,05), yang berarti dapat disimpulkan Ada Hubungan Parenting Orangtua Dengan Anak TK kabupaten Independence Dharma Wanita Persatuan Kecamatan Waru Sidoarjo


Kata kunci: Parenting Orangtua, Independensi Anak.

 

ABSTRACT

 

            Parenting is a pattern of interaction between parent and child, namely how parental attitudes or behavior when interacting with children, including the method of application of the rules, teach values / norms, giving attention and affection and show good attitudes and behavior so be a role model for his son . independence resulting from the presence and guidance of parents will result in complete independence. To be self-sufficient children need opportunities, support and encouragement from family especially parents' parenting and its surroundings, in order to achieve autonomy over self. This study aims Knowing relationships parenting parents with children in kindergarten independence Dharma Wanita Persatuan Kecamatan Waru Sidoarjo district

Design in this study is correlational cross-sectional method. The study population was all the mothers who have children in kinder garten Dharma Wanita Persatuan Kecamatan Waru Sidoarjo district were 58 mothers with a sample of 51 mothers were taken by simple random sampling. Study used a questionnaire instrument. The independent variable in this study is the parents' parenting while the dependent variable is the child's independence. Based on the research Parenting Parents of kindergarten Dharma Wanita Persatuan Kecamatan Waru Sidoarjo district, most parents apply democratic parenting style that is as much as 38 parents (70.2%), most of the children independence as many as 38 independent children children (74 , 5%). Based on the analysis of the Fisher Exact Test in get a significant value (p = 0.010) and significance values (p) less than the significance level (α = 0.05), which means it can be concluded There Relationships Parenting Parents With Children in Kindergarten Independence Dharma Wanita Persatuan Kecamatan Waru Sidoarjo district

 

Key words : Parenting Parents, The Child's Independence.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.