EVALUASI KUALITAS PEMBIMBING PRAKTEK KLINIK MAHASISWA (Quality Evaluation Of Clinical Instructor Students)

Luluk Widarti, M. Afif Hilmi M, Siti Maemonah

Abstract


ABSTRAK

Peran pembimbing klinik sangat berarti sekali agar pelaksanaan pembelajaran menjadi efektif. Pembimbing praktek klinik mempunyai kontribusi meningkatkan kualitas pembelajaran praktek klinik, karena memiliki berbagai peran mulai dari merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran praktek klinik. Peningkatan mutu pembelajaran praktek klinik, dapat ditempuh dengan cara meningkatkan kinerja pembimbing klinik. Penelitian dilakukan pada mahasiswa yang praktek klinik di RSUD Kabupaten Sidoarjo dengan jumlah 114 orang yang diambil secara purposive random sampling dan pembimbing praktek klinik yang ada di RSUD Kabupaten Sidoarjo dengan jumlah 69 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner. Kompetensi pedagogik dari Pembimbing Klinik (CI) yang ada di RSUD Kabupaten Sidoarjo rata – rata adalah cukup. Hal yang sama pada kompetensi kepribadiaan dan sosial juga rata – rata cukup. Sedangkan kompetensi profesional rata-rata baik. Kualitas Pembimbing Praktek Klinik Mahasiswa di RSUD Kabupaten Sidoarjo di secara keseluruhan aspek masih dalam kategori baik.

 

Kata-kata kunci : evaluasi, pembmbing klinik


 

ABSTRACT

The role of clinical instructor really means a lot so that learning becomes effective implementation. Supervising clinical practice have contributed to improve the quality of learning clinical practice, because it has a variety of roles ranging from planning, implementing and evaluating learning clinical practice. Improved quality of teaching clinical practice, can be reached by improving the performance of clinical instructor. The study was conducted on students who practice in hospitals clinics Sidoarjo regency with the number of 114 people taken by purposive random sampling and guide clinical practice in hospitals district Sidoarjo with the number 69. This study used a questionnaire instrument. Pedagogical competence of the Clinical Supervisor (CI) in Sidoarjo District Hospital Average - average is enough. The same thing on the personality and social competence is also average - pretty average. While the professional competence of a good average. Quality Supervising Student Clinical Practice in Hospital Sidoarjo district in the overall aspect is still in both categories.

 Keywords: Evaluation,  Clinical Instructor


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.