HUBUNGAN FAKTOR PERSEPSI MANFAAT DAN HAMBATAN DALAM BERTINDAK DENGAN UPAYA PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKORAME KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI

Helmy Bachtiar Attamimy

Abstract


ABSTRAK

Demam Berdarah adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue yang masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes. Temuan Jumlah kasus DBD di Indonesia terjadi peningkatan di sebagian besar wilayah setiap tahun. Jawa Timur adalah bagian dari yang belum mencapai renstra kemenkes pada munculnya angka kesakitan DBD 2015. Jumlah kasus DBD di Kota Kediri terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya. Upaya-upaya pencegahan DBD seharusnya dilakukan secara komprehensif, tidak hanya melalui kelompok, melainkan juga individu. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan diantara yang berpengaruh pada faktor kepercayaan pada tingkat personal dengan upaya pencegahan Demam Berdarah Dengue di wilayah kerja puskesmas Sukorame kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk  deskriptif analitik, dengan studi korelasi dan rancang bangun cross sectional. Instrumen yang digunakan yaitu kuisoner wawancara dengan metode pengambilan sampel simple random sampling sebanyak 100 orang pada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Sukorame Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Variabel pada penelitian ini yaitu upaya pencegahan DBD sebagai variabel dependen, dan faktor kepercayaan berupa persepsi manfaat, dan hambatan sebagai variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat yang menjadi faktor kepercayaan terhadap tindakan pencegahan DBD yang mempunyai hubungan yang signifikan. Sedangkan yang tidak signifikan adalah persepsi hambatan yang dirasakan. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa terdapat hubungan persepsi manfaat terhadap upaya pencegahan DBD, dan persepsi hambatan yang tidak berhubungan terhadap upaya pencegahan DBD di wilayah tersebut.

Kata kunci : Pencegahan DBD, Pesepsi Manfaat, Persepsi Hambatan


Full Text:

PDF

References


Aryani, R. (2012). Kesehatan Remaja: Problem dan Solusinya. Jakarta: Salemba Medika

Bandura, A. (1977). Self Efficacy. Toward a unifying theory of behavioralin woman: A test of health belief Model. Woman & Health, 35 (1), 83-96.

Bhuono Agung, Nugroho. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta : ANDI.

Dahlan, S. (2009). Besar Sampel Penelitian. Jakarta: Salemba Medika

Frank, D., Swedmark, J., & Grubbs, L. (2004). Colon cancer screening in African American Women. ABNF Journal, 15 (40 67-70.

Hastono, S.P. (2007). Basic Data Analysis For Health Research. Depok: FKM-UI

Janz, N.K., & Becker, M.H. (1984) The Health Belief Model: A decade later. Helath Education Quarterly, 11 (1), 1-47.

Kepmenkes RI No. 1529/Menkes/SK/X/2010, tahun 2010 tentang Pedoman Umum Pengembangan Desa/kelurahan Siaga Aktif.

Notoatmodjo, S. 2005, Promosi kesehatan teori dan Aplikasi, Jakarta : PT Rineka Cipta

Notoatmodjo, S. 2007. Perilaku kesehatan dan ilmu perilaku, Jakarta: PT Rineke Cipta.

Pemkot Kediri. 2015. Profil Kesehatan Kota Kediri Tahun 2015. Kediri. Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri.

Purwono J. (2014). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Komitmen Pencegahan Tersier Penyakit Hiper-tensi Pada Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Metro Tahun 2014. Jurnal Keperawatan Aisyiyah 1.

Rosenstock, Irwin M., 1974. The Health Belief and Preventive Health Behavior. Health Education Monograph, 2(4): 354.

Sirait, Linda mayarni. (2012). Tesis: Hubungan Komponen Health Belief Model (HBM) dengan Tindakan Penggunaan Kondom pada Anak Buah Kapal (ABK) di Pelabuhan Belawan. Sumatra Utara.

Umeh, K. & Rogan-Gipson, J. (2011). Perception of Theath, benefits, and barriers in breast self excamination amongst young asymptomatic womaen. Britist journal of health Psychology. 6 (4), 361-673.

Weinrich, S., Hodford, D., Boyd, M., Creanga, D., Cover, K,,m Johnson, A., Frank-Stromborg, M., & Weinrich M (1998). Prostate cancer education in African American Churches. Public Health Nursing 15(3), 188-195.

Widodo, Rahayu. (2009). Pemberian Makanan, Suplemen dan Obat pada Anak. Jakarta : EGC.

Yin, R.K. (2008). Studi Kasus: desain dan metode. Jakarta: Rajawali Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENELITIAN KESEHATAN