SIKAP MAHASISWA JURUSAN KEBIDANAN TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN DENGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH FISIOLOGI

Sriami ., Susilorini ., Maria Ulfa

Abstract


Sikap merupakan reaksi atau respon yang masih tertutup terhadap suatu obyek sehingga
sikap mahasiswa terhadap kompetensi pedagogik dosen ini akan berpengaruh terhadap hasil
belajar mahasiswa. Pada semester 1 nilai hasil belajar mahasiswa UNTUK mata kuliah fisiologi
sebagian besar (64,20%) memuaskan.  Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah
sikap mahasiswa. Penelitian ini meerupakan jenis penelitian analitik dengan pendekatan cross
sectional.  Sebagai populasi pada penelitian ini adalah semua mahasiswa Semester II Program
Studi Kebidanan Sutomo Surabaya, dengan target populasi sebanyak 81 orang mahasiswa,
sedangkan sampelnya adalah sebagian dari mahasiswa tersebut, yakni sebanyak 67 orang
mahasiswa. Sebagai variabel independen adalah sikap mahasiswa terhadap kompetensi pedagogik
dosen dan variabel dependennya  adalah hasil belajar untuk mata kuliah fisiologi. Pengumpulan
data menggunakan kuesioner dan dokumen. Hasil analisis data disimpulkan ada hubungan antara
sikap mahasiswa terhadap kompetensi pedagogik dosen dengan hasil belajar mata kuliah fisiologi
mahasiswa Semester II Prodi Kebidanan Sutomo Surabaya Poltekkes Kemenkes Surabaya.
Sebagian besar mahasiswa bersikap positif terhadap kompetensi pedagogik dosen, tetapi tidak
diikuti dengan hasil belajar yang baik. Untuk itu disarankan kepada mahasiswa agar
mengidentifikasi faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar.
Kata Kunci : Sikap, hasil belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN KESEHATAN