ABSTRAK PENGUNGKAPAN DIRI DAN MEKANISME KOPING TERHADAP TUGAS AKHIR MAHASISWA TINGKAT III PRODI D-III KEPERAWATAN KAMPUS TUBAN

Teresia Retna Puspitadewi, Setyaningsih ., Roudlotul Jannah

Abstract


Banyaknya stressor yang dihadapi mahasiswa, menuntut mahasiswa untuk bisa memilih koping yang sesuai,
karena dengan koping terjadi perubahan kognitif dan perilaku secara konstan dalam upaya untuk mengatasi
tuntutan internal dan atau eksternal khusus yang melelahkan atau melebihi sumber individu. Dengan
pengungkapan diri, mahasiswa akan mendapatkan perspektif baru mengenai permasalahan yang dihadapinya,
menambah pemahaman dan informasi yang dibutuhkan dalam penyelesaian masalah yang dihadapi.
Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini
adalah mahasiswa tingkat III Prodi D-III Keperawatan Kampus Tuban. Sampel yang digunakan sebanyak 42
mahasiswa yang memenuhi kriteria inklusi.
Hasil penelitian di dapatkan bahwa pengungkapan diri mahasiswa Prodi D-III Keperawatan Kampus Tuban
Sebagian besar cukup sebanyak 35 mahasiswa
Diperlukan upaya yang sinergis antara mahasiswa dan dosen pembimbing Tugas Akhir untuk memfasilitasi
social support bagi mahasiswa, sehingga kesulitan dalam penyelesaian Tugas akhir bisa diminimalkan dan
mahasiswa mampu memilih mekanisme koping yang adaptif.
Kata Kunci: Pengungkapan Diri , Mekanisme Koping, Tugas Akhir

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENELITIAN KESEHATAN