PRESTASI BELAJAR STATISTIKA DENGAN METODE BERBASIS AKTIVITAS MAHASISWA

Marlik ., Siti Surasri

Abstract


Pengajaran berbasls aktlvltas Ini dlmaksudkan sebagai pembelajaranyang dldasarlcail pada
keaktlfan mahasiswa dalam mengikutl proses belaJar mengajar, sesual dengan kemampuannya.
Dengan demlkian diharapkan dalam proses belajar-mengajar Inl dldapatkan hasli belajar yang
optimal. Tujuan penelitian inl adalah menlngkatlcan prestasl belajar mahaslswa dengan metoda
pembelajliran ber.basis aktivitas pada mata kuliah Statistilca dl Program Studl 0 In Kesehatan
Ungkungan PoItekkes Kemenkes Surabaya. Populasl dalam penelitian Inl adaiah Mahaslswa
Semester II Program Studl Diploma III Kesehatan Ungkungan PoIlteknlk Kesehatan Kementerian
Kesehatan Surabaya Tahun Akademik 2012/2013. Dari hasil penelitian dldapatkan bahwa hampir
semua mahaslswa berasal darl lulusan SMA. Hampir seluruhnya mahaslswa berasal dari jurusan
IPA. Pelaksanaan Pembelajaran berbasls aktMtas Inf memertukan kedlslpllnan pengajar, terutama
dalam memblmblng dan mengoreksl hasll keglatan mahaslswa. Observasl atas pelaksanaan
Pembelajaran berbasls aktlvltas Inl dlperlukan untuk segera mengenall adanya mahaslswa yang
mengalaml kesulltan. Pembelajaran berbasls aktlvltas Inl terbuktl dapat menlngkatkan prestasl
belajar mahaslswa pada mata kuUah Statistika Kesehatan. Katau pada tahun-tahun sebelumnya
mahasiswa yang mendapatkan nilal D atau E sampal 25%, dengan metoda Inl tlnggal 2 orang
mahasiswa yang mendapatkan nllal 0 emu E dan satu orang yang rnendapatkan nltal E tersebut
dlsebabkan lcarena t1dak menglkutl Ujlan Perbalkan.5aran VI!Ing dlberlkan adalahmetode berbasis
alcttvltas pada mahaslswa inl, dapat dlgunalcan sebagal acuan untuk pengajaran mata kullah yang
lalnnya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENELITIAN KESEHATAN