PERBEDAAN ASUPAN GIZI MAKRO DAN AKTIVITAS FISIK ANTARA OBESITAS DAN NORMAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR AL FALAH DARMO SURABAYA

Laelatul Rizkiyah, Ani Intiyati

Abstract


Obesitas disebabkan tidak seimbangnya antara intake energi dan pengeluaran energi serta kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji, jarang mengonsumsi sayur dengan gaya hidup yang kurang gerak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan asupan zat gizi makro dan aktivitas fisik antara obesitas dan normal pada siswa kelas IV dan V di Sekolah Dasar Al Falah Darmo Surabaya.

          Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Populasi adalah seluruh siswa kelas IV dan V di Sekolah Dasar Al Falah Darmo Surabaya dan diambil sampel 52 siswa dengan 2 kelompok yakni siswa obesitas dan normal dengan sistem random sampling.

          Hasil penelitian dengan uji beda non parametrik Mann Whitney diketahui bahwa ada perbedaan asupan zat gizi karbohidrat, protein dan lemak antara siswa obesitas dan normal kelas IV dan V sedangkan tidak ada perbedaan tingkat aktivitas fisik antara siswa obesitas dan normal kelas IV dan V di Sekolah Dasar Al Falah Darmo Surabaya.

Asupan zat gizi makro pada siswa obesitas lebih tinggi dibandingkan dengan siswa status gizi normal sehingga disarankan untuk siswa obesits agar meningkatkan aktivitas fisik dengan menambah kegiatan di luar sekolah serta pelaksanaan monitoring status gizi dan penyuluhan gizi seimbang secara rutin di Sekolah Dasar Al Falah Darmo Surabaya.

         

Kata kunci : Obesitas, Asupan Gizi Makro, Aktivitas Fisik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.